DUNIA BISNIS UKM

Dunia UKM mengalami pertumbuhan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Beragam bisnis dan jenis produk berkembang semakin marak, hal ini sangat positif untuk peningkatan perekonomian dan tentu juga baik dari sisi penyerapan tenaga kerja. 

Banyaknya pelaku UKM dari usaha yang sudah berkembang cukup lama dengan usaha-usaha yang baru tumbuh, menjadikan persaingan bisnis semakin ketat dan kuat. Beragam penawaran jenis makanan dan minuman, dari makanan siap saji, jajanan dan camilan seperti aneka jenis kripik misal kripik singkong, kripik usus, kripik buah, hingga makanan olahan seperti abon ikan abon daging sapi , produk sambal dan bumbu hingga olahan makanan beku ( frezer food ) pun banyak di jumpai. 

Dan ditambah dengan Teknologi dan era digital khususnya dunia online atau internet yang memiliki pengguna semakin banyak juga menjadi aset kemudahan UKM untuk bisa menjangkau membidik pasar atau calon konsumen dengan mudahnya.

Dari semua hal diatas menjadikan ketatnya sebuah tantangan dari pelaku usaha khususnya UKM untuk dapat memikat dan merebutkan pelanggan. Ya tantangan terbesar tak lain adalah kompetisi atau persaingan bisnis. Kompetisi bisnis di dunia UKM dewasa ini semakin kuat dirasakan. Kesadaran itu muncul dan dirasakan oleh semua pelaku Usaha. Strategi menjadi bagian terpenting untuk bisa melakukan penetrasi ke pasar atau konsumen. Melalui beragam pilihan inovasi produk mulai dari menginovasi kualitas produk baik dai rasa hingga selera tak luput dari cara yang dilakukan untuk memikat dan memanjakan pelanggan. 

Namun hal yang menarik dari beragamnya strategi yang dilakukan untuk memperebutkan calon pelanggan ada satu hal yang sangat efektif sebagai bagian dari aset strategi yang wajib dilakukan para UKM tak lain adalah Desain. 

Dunia UKM dan desain menjadi bagian yang wajib dan tak dapat dipisahkan khususnya untuk sebuah bisnis produk makanan maupun minuman, desain memiliki peran penting untuk membangun persepsi produk atau image sebuah produk. Dan nilai kualitas sebuah produk umumya ditunjang oleh desain yang baik. Kesesuaian adalah penting dan penilaian pasar dibangun dari kesesuaian antara kualitas produk dan branding produk. 

Kami www.otakatikide.com menyadari dan telah cukup lama memiliki pengalaman untuk bekerjasama menjalin kemitraan bersama UKM dari berbagai kota dan wilayah. Tantangan dan kebutuhan untuk bisa menjawab harapan UKM untuk mendapatkan kualitas produk terlebih kualitas dari sebuah desain ukm membutuhkan perhatian yang khusus. Desain menjadi kebutuhan bagi pelaku UKM, Desain menjadi aset berharga yang dibutuhkan UKM untuk menjadikan modal dalam kegiatan promosi. Desain membantu dan sekaligus ikut andil dalam memudahkan produk melakukan penetrasi kepada pasar atau calon pembeli. 

Memasukkan unsur desain kepada produk ukm menjadi  ritual yang wajib dilakukan. Menjaga citarasa saja tidaklah cukup, menyempurnakan kualitas produk dengan memasukkan unsur desain menjadi mutlak jika ingin memperebutkan sebuah kompetisi di pasar yang semakin ketat. Ya banyak cara yang dilakukan dengan bagaimana agar desain terlibat dalam membangun produk. 

Merekrut SDM kreatif menjadi cara yang mungkin bisa dilakukan, dengan anggaran yang memadai sangatlah mungkin untuk memasukkan sdm kreatif di dalam sebuah usaha. Hal lain pun bisa dilakukan bagi pelaku usaha yang masih baru tumbuh atau sudah berkembang. Melalui bentuk kerjasama dalam kemitraan bersama konsultan kreatif. Melakukan branding produk bisnis serta melakukan aktifitas program promosi akan membantu menunjang pertumbuhan bisnis yang semakin meningkat.