DESAIN UNTUK PRODUK UKM

Setiap produk yang dibangun tentu ada hal yang perlu dijadikan pertimbangan, yaitu pentinga sebuah identitas. Identitas produk khususnya UKM akan berperan dalam proses pemasaran. Identitas menjadi sebuah penentu bagaimana konsumen mengenali produk kita. Para pelaku usaha kecil dan menengah terkadang kurang memberi perhatian khusus terhadap identitas produknya. Salah satu yang umum dilakukan untuk memberikan identitas akan produk usaha adalah menggunakan pelabelan. label produk menjadi solusi cerdas untuk memberikan gambaran identitas produk kita.

Menjadi penting untuk betul-betul dibangun sebaik mungkin label untuk sebuah produk. Label yang yang baik adalah label yang bisa mempresentasikan jati diri produk yang bersangkutan. Label yang baik adalah yang bisa memberi nilai lebih bagi produk yang bersangkutan. Nilai lebih akan berdampak pada kekhususan yang di rasakan oleh konsumen. Kesan menarik adalah hal yang penting yang harus di bangun oleh produk.

Modal penting bagi pelaku usaha atau UKM dalam membangun sebuah label produk yang baik adalah :

1. Mengenali produk yang kita miliki.
Di sesi yang lain kita sudah bahas akan pentingnya mengenali produk yang kita ingin kembangkan, termasuk tips-tips nya. Dan cari referensi dari kompetitor jika dibutuhkan dalam mencari celah untuk memberikan pembeda, termasuk bentuk dan desain label yang dimiliki.

2. SDM.
SDM disini adalah merekut tim khusus untuk bisa mendukung dalam menciptakan label produk yang menarik.

3. Bangun kemitraaan.
Bagi pelaku usaha atau UKM yang memulai dari nol, dan memiliki keterbatasan modal dalam merekut SDM  baru, tentu yang bisa dilakukan adalah dengan membangun kemitraan dengan pihak profesional yang memiliki pengalaman dalam menciptakan label produk yang menarik. Carilah mitra yang sesuai dan memngkinkan untuk dapat mendukung serta bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan tampilan label produk yang menarik serta memiliki nilai pembeda sudah menjadi modal pendukung untuk mendapatkan kesan  baik yang tertanam di hati konsumen.